Syarat dan Rukun Menjadi Blogger Profesional

Menjadi blogger profesional tidak serta merta hanya membuat blog alakadarnya. Blog yang dijadikan sebagai sumber penghasilan melatarbelakangi para blogger harus ekstra supaya blog sebagai sumber refereensi terpercaya.

Untuk menjadi blogger profesional ada beberapa syarat dan juga rukun/wajib bagi seorang blogger yang tidak boleh ditinggalkan.

Syarat Blogger Profesional

Syarat adalah ketentuan yang harus dipenuhi sebelum melakukan sesuatu. Blogger Profesional

Mental Selalu Belajar

menakankan diri untuk selalu belajar adalah langkah tepat bagi blogger pemula yang ingin meng-upgrade diri menjadi blogger profesional.

KArena dengan memiliki sikap teacheable, setiap diri akan terus bertambah akan pemahaman sesuatu ilmu. Termasuk di dunia blogging.

Kenapa demikian?

Karena ilmu blogging akan terus bertambah dan kian ramejika terus dibicarakan.

Mental selallu ingin elajar inilah yang menjadi pondasi bagi calon blogger profesional/

Ingin Selalu Berbagi

Tidaklah disebut blogger jika tidak berbagi. Tujuan dari ngeblog adalah berbagi, terlepas apakah dia seorang newbie atau mastah. Itu hanya sebutan saja.

Padahal jika ditanya kepada blogger yang sudah malang melintang di dunia bloggging, mereka tidak mau disebut mastah. Karena mereka pun sama-sama belajar.

Bedanya dalam urusan rezeki.

Ada yang dengan ketekunan dan kesabaran selama bertahun-tahun, baru mereka merasakan manisnya dari profesi mereka sebagai blogger.

Karena kita yakin tidak ada yang bisa instant untuk mendapatkan sesuatu.

Atau karena sudah terpatrinya mental ingin berbagi, maka buahnya adalah menghasilkan uang dari blog tiap bulan.

Proses tidak akan membohongi kepada hasil.

Blogger profesional akan melakukan tabur tuai. Semakin menabur kebaikan dengan berbagi, entah itu berbagi seputar tutorial tips trik blogging, SEO bahkan bagaimana cara cepat agar adsense di setujui selalu mereka lakukan.

Semakin banyak orang yang merasa terbantu, maka akan banyak pula kebaikan berupa earning di tampilan dashboard Adsense, atau dimintai jasa oleh blogger tersebut.

Resiko Trial & Error Harus Siap Dihadapi

Ini syarat yang tak kalah pentingnya. Yaitu calon blogger profesional harus siap dengan ketidaksukaan saat berada di posisi terendah.

Maksudnya, saat-saat dimana perjuangan untuk menjadi blogger bernilai harus dipertaruhkan dengan keburukan yang selalu menyertai.

Trial and error bagi seorang blogger pasti pernah merasakan. Bagaimana ketika menulis sudah panjang, ternyata kehapus tanpa sengaja. Keteledoran selalu saja ada, karena mengejar deadline harus posting.

Atau bahkan ketika mengedit kode HTML, data belum dibackup, akibatnya tampilan blog sungguh mengenaskan. Tidak bisa diakses.

Pernah juga saya melakukan, kesalahan yang fatal. Yaitu, mengklik tombol delete saat mengotak-ngatik di cpanel. Akbiatnya, blog saya terhapus. Kembali ke NOL.

Punya Modal Beli Domain dan Hosting

Karena tujuannya menjadi blogger profesionla, maka sudaah barang tentu kita harus punya modal uang untuk membeli domain dan hosting.

Saya lebih merekomendasikan membeli hosting juga, tidak hanya beli domain saja. Karena jika membeli domain saja, kita cukup membuat di blogspot, lalu disetting dengan custom domain.

Blog dengan platform WordPress.org sangat direkomendasikan. Salah satu alasannya adalah untuk jangka panjang.

Bahkan ada beberapa penyedia jasa backlink yang menolak sebuah blog berdomain TLD berbasis blogspot. Padahal nilai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) cukup besar.

“Kok bisa tau?”

Kan saya korbannya…

Jadi lebih baik bagi Anda yang ingin menjadi blogger profesional, siapkan modal untuk membeli domain dan hosting murah untuk awalan. Karena nanti bisa upgrade.

Rukun Blogger Profesional

Setelah kita membahas tentang syarat yang harus dimiliki blogger profesional, selanjutnya adalah rukun yang wajib bagi blogger profesional.

JIka syarat adalah sebelum melangkah. Sementara rukun adalah saat kita sudah memiliki blog, terkhusus blog yang sudah berdomain hosting seperti NulisKalem.com ini.

Ingat Syarat Blogger Profesional

Pastikan dulu kita ingat apa syarat menjadi blogger profesional. Tidak hanya ingat, tetapi langsung dipraktikkan dengan segera.

Jika syaratnya sudah dilampaui, maka kita lanjut ke rukun yang kedua…

Update Menulis Tiap Hari atau Tiap Minggu

Menulis adalah kunci utama bagi sebuah blog. Karena blog adalah fasilitas orang untuk mendapatkan informasi berupa tulisan atau gambar.

Untuk menulis ini banyak blogger mastah sekalipun yang keteteran. Bisa jadi mereka hanya jago di SEO, namun tidak punya basic di dunia tulis menulis.

Tak jarang dari blogger yang keteteran,melakukan cara cerdas mereka. Yaitu membuka penulis tamu untuk memberikan sumbangsih tulisan di blognya.

Untuk menulis sendiri harus dilakukan secara berkala. Bisa itu tiap hari atau tiap minggu.

Untuk blog baru, posting tiap hari adalah solusi tepat supaya blog lebih disukai Google.

Baca Juga: Cara Menulis Konten Artikel Pilar

Perhatikan SEO dan Ikuti Algoritma Terbaru Google

ya, Tidak sedikit yang mempunya skill menulis, tidak terlalu paham untuk urusan SEO atau Search Engine Optimization.

Tujuannya adalah bukan hanya supaya blog terbaca oleh Google sebagai mesin pencarian, melainkan juga bagaimana caranya tulisan itu berada di posisi halaman pertama.

Maka, mengetahui dan mempelajari SEO adlah rukun bagi seorang logger profesional.

Baca juga: Cara Supaya Blog Baru Terindeks Google dengan Cepat

Apalagi algortima Google saat ini, lebih memilih blog yang disukai pembaca (manusia).

Salah satu indikatornya adalah pembaca berlama-lama membaca artikel di blog kita. Terlebih lagi mereka membagikan tulisan yang kita buat.

Itu tandanya artikel yang kita buat benar-benar bermanfaat.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari pembahasan kita kali i ni, bahwa seorang blogger yang mau mengupgradi diri menjadi blogger yang profesional harus mempunya syarat dasn rukunnya.

Setidaknya tulisan di atas adalah sekelumit dari bagaimana caranya menjadi blogger profesional yang tidak hanya punya nilai, tetapi juga bernilai.

Sekian…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *